Umi Satiti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Inspirasi Guru Muda
Bukti Cinta untuk Indonesia

Inspirasi Guru Muda

Inspirasi Guru Muda

"Perjalanan Hijrah dari Yogyakarta ke Gayo Lues"

Oleh : Umi Satiti

Judul Buku : GURU MUDA Mencari Inspirasi ke Ujung Negeri

Penulis : Alumni Guru SM-3T Kabupaten Gayo Lues

Penerbit : Mahara Publishing

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Halaman : xii + 282

Tugas di perdalaman negeri, jauh dari keluarga, teman-teman serta yang sangat menyiksa adalah jauh dari jaringan telfon dan internet. Tinggal di pelosok dengan kehidupan dan budaya yang berbeda. Menyaksikan sekolah yang membuat diri harus berulang kali berfikir “Apa yang harus aku lakukan disini?” Lantas menyaksikan anak-anak dengan sendirinya putus sekolah. Inilah perjalanan perjalan hijrah dari kota Yogyakarta ke Gayo Lues, salah satu kabupaten di Indonesia yang menerapkan syariat islam.

Masa muda adalah masa bersenang-senang. Menikmati kenyaman hidup dan mendapat pekerjaan di instansi ternama. Benar itulah harapan sebagian besar pemuda yang baru saja selesai pendidikan strata satunya. Lulus dari universitas dengan gelar sarjana dan mendapat pekerjaan terbaik di instansi harapan dengan gaji yang minimal UMR.

Di negeri ini ada saja sekelompok pemuda yang yang memilih lari dari kenyamanan. Bisa saja kami sama dengan yang lain memilih tempat kerja terbaik di kota dengan harapan hidup berjalan lancar dan menyenangkan. Namun kami lebih memilih memenuhi panggilan ibu pertiwi untuk untuk menjelajah pelosok negeri.

Tugas SM-3T mengantarkan kami untuk menemani anak-anak di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Kami melakukan apa saja untuk memajukan pendidikan di tempat tugas. Asam manis kehidupan pedalaman Gayo Lues yang terletak di Provinsi Aceh mengantarkan kami menjadi sosok guru yang senantiasa belajar dari kehidupan.

Adat kebiasaan yang berbeda. Bahasa yang tidak sama. Perselisihan dan kesalahpahaman turut menemani perjalanan kami. Hingga kami mendapat hadiah terindah untuk menjadi lentera dalam menyalakan pendidikan di Gayo Lues.

Perjalan ini terangkum dalam buku “GURU MUDA Mencari Inspirasi ke Ujung Negeri” yang ditulis oleh alumni guru SM-3T Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Kisah seru yang tertulis dalam bahasa yang apik dan menginspirasi. Sebagian dari hasil penjualan buku ini kami donasikan untuk pendidikan anak-anak di Gayo Lues.

Selamat membaca dan menginspirasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mantaffff....

22 Oct
Balas

Makasih bu

23 Oct

Keren resensinya, sukses selalu dan barakallah

23 Oct
Balas

Iya bu. Terimakasih sudah mengenalkan saya dengan gurusiana

23 Oct

Mantap resensinya. Mantap Bukunya.

23 Oct
Balas

Semantap perjalanan hijrah kami ke gayo lues

23 Oct

Inspiratif, salut semangat nya

22 Oct
Balas

Terimakasih bapak..

22 Oct

sukses buat umi, jangan pernah berhenti menebar inspirasi...

28 Oct
Balas

iya. terimakasih

02 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali